Wednesday 13 April 2011

Ugoran Prasad

di luar hidup sialmu, di luar sisi tubuhmu; di luar yang kausentuh, di luar hanya sepi, membisu. di luar kisah sedihmu; di luar sesak napasmu; di luar yang kau buru; di luar igau mimpi burukmu
bernapas di celah waktu dan ruang yang mencekikmu: kita adalah batu
setiap awal musim kita siapkan segelas rasa sakit dan kehilangan
;kita siapkan semangkuk rasa perih dengan kebencian
;kita kan terjaga selamanya.
.....

(Kita Adalah Batu - Melancholic Bitch)

Ugoran Prasad

Pria berkacamata ini bernama Ugoran Prasad.
Ugoran Prasad adalah vokalis / penulis lirik dari Jogjakarta finest psychedelic, pop, art, what-so-called band; Melancholic Bitch.
Ugoran juga seorang pengarang dan peneliti kajian pertunjukan.

Ugoran mempublikasikan tulisannya sejak 1999 di beberapa newsletter lokal di Yogyakarta, sebelum mendirikan BlockNot Forum. Forum ini memfokuskan diri dalam studi kepengarangan, terutama dengan cara melakukan pembacaan dan penulisan ulang berbagai sumber literatur yang bisa mereka capai. Sejak 2002 ia mulai mempublikasikan karya fiksi dan esainya di beberapa koran nasional. Pada tahun 2001-2004

bersama Gunawan Maryanto dan Andri Nur Latif, Ugoran menulis naskah seri pertunjukan Waktu Batu (sutradara: Yudi Ahmad Tajudin), suatu produksi Teater Garasi Yogyakarta yang mendapatkan reputasi dari dunia internasional.
Pada tahun 2006, bersama Onishi Ayaka, menulis teks pertunjukan Mnem[a]syne (sutradara: Yudi Ahmad Tajudin), suatu kerja kolaborasi antara Teater Garasi dan Teater Kunauka (Tokyo). Selain menulis fiksi dalam dan untuk berbagai medium, Ugoran juga melakukan studi di ranah pertunjukan. Sejak 2002, Ugoran menjadi Associate Editor, Lebur Theater Quarterly, Jurnal Teater dan Seni Pertunjukan, sekaligus peneliti Program Penelitian dan Pengembangan Teater Yayasan Teater Garasi.

Ugoran terlibat dalam beberapa kerja kuratorial dan kolaborasi untuk kelompok dan proyek seni new-media, atau beragam seni lintas disiplin, antara lain: Performance Fucktory (kelompok pertunjukan, 1998-2002, kurator internal), Parkinsound#1-3 (festival musik elektronik, 1999-2001, kurator internal dan kolaborator inisiasi), Re:Publik (festival lintas disiplin, 2005, anggota tim kurator) dan 1hrs 2b Oth3rs (Jompet Kus Widananto, dkk.).

Pada tahun 2008, Ugoran mendapatkan kesempatan fellowship di New York dari Asian Cultural Council (ACC). Ia memanfaatkan fellowship ini dengan menjadi visiting scholar di departemen Performance Studies di Tisch School of The Arts, New York University. Pada tahun 2010, bersama penyanyi indie dari Yogyakarta, Frau, Ugoran menyanyikan lagu duet berlirik kuat "Sepasang Kekasih yang Pertama Bercinta di Luar Angkasa".

[dikutip dari berbagai sumber]

1 comments:

wah, keren gan artikelnya.
bermanfaat banget. jangan lupa komen dan follow backnya di http://adeputra-pkp.blogspot.com

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More